Selasa, 11 Oktober 2016

Wisata Batik Trusmi Cirebon

Kisah membatik Desa Trusmi berawal dari peranan Ki Gede Trusmi. Salah seorang pengikut setia Sunan Gunung Jati ini mengajarkan seni membatik sembari menyebarkan Islam. Sampai sekarang, makam Ki Gede masih terawat baik, setiap tahun dilakukan upacara cukup khidmat, upacara Ganti Welit (atap rumput) dan Ganti Sirap setiap empat tahun.
Di sepanjang jalan utama yang berjarak 1,5 km dari desa Trusmi sampai Panembahan, saat ini banyak kita jumpai puluhan showroom batik. Berbagai papan nama showroom nampak berjejer menghiasi setiap bangunan yang ada di tepi jalan. Munculnya berbagai showroom ini tak lepas dari tingginya minat masyarakat terutama dari luar kota terhadap batik Cirebon dari mulai showroom batik hingga online shop
Desa Batik Trusmi di Cirebon adalah destinasi yang lengkap. Wisatawan tidak hanya bisa belanja batik, tapi juga wisata kuliner sampai memborong oleh-oleh di dalam satu kawasan.
One stop destination, begitulah Desa Batik Trusmi menjelma hari ini. Yang tadinya sebuah desa pengrajin batik yang mungil, wisata Batik Trusmi menyebar ke desa tetangga, diikuti pertumbuhan kawasan wisata dengan aneka fasilitas wisatanya.
Harga batik khas Cirebon ini sangatlah bervariasi mulai dari Rp.50.000 hingga jutaan rupiah tergantung dengan model, motif dan bahannya. Salah satu yang jadi primadona adalah motif batik Mega Mendung. Selain tampilannya yang menarik, motif yang satu ini juga telah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya Indonesia. Motif batik Mega Mendung tentunya sarat akan makna yang terkandung di dalamnya, dimana memiliki filosofi tersendiri. Motif-motif awan pada batik Mega Mendung menunjukan seperti kasta dalam hidup.

Lokasi: -
Koordinat : -
Telepon:
Email: -
Fasilitas: -
Jam Buka: -
Jam Tutup: -
Tiket: Rp. -

Wisata Batik Trusmi Cirebon (Google Maps)

Share:
Lokasi: Cirebon, Cirebon City, West Java, Indonesia

1 komentar:

  1. informasinya tentang kuliner di cirebon ini sangat bagus sekali, agan bisa berkunjung juga ke olshop toko produk nasa kami juga kalau bersedia

    distributor nasa cirebon
    distributor crystal x cirebon

    BalasHapus