Minggu, 09 Oktober 2016

Wisata Taman Sari Gua Sunyaragi Cirebon

Gua Sunyaragi adalah sebuah tamansari yang dibangun tahun 1703 sebagai tempat untuk meditasi para Sultan Cirebon dan keluarganya. Yang menarik dari tempat ini adalah sebagian besar permukaan tembok bangunannya dipenuhi oleh batu-batu koral sehingga menjadikan bangunan tersebut terlihat misterius dan beda dari tempat-tempat lainnya.
Batu koral tersebut konon berasal dari pantai selatan Jawa, sedangkan saat itu belum ada moda transportasi mekanik yang memadai, masih menggunakan kuda dan kerbau. Karena itulah banyak yang percaya kalau Gua Sunyaragi ini dibangun dengan bantuan kekuatan spiritual khusus.
Situs Sunyaragi ini sebenarnya merupakan kompleks bangunan-bangunan kuno bekas Taman Sari dan Pesanggrahan, namun karena banyaknya lorong-lorong yang berliku dan gelap maka sering disebut Gua Sunyaragi. Kata “Sunyaragi” berasal dari bahasa Sansekerta yaitu “Sunya” yang berarti sepi dan “Ragi” yang artinya raga. Tempat ini dulunya adalah tempat beristirahat dan meditasi para Sultan Cirebon dan keluarganya. Dahulu Sunyaragi ini dikelilingi oleh Danau Jati yang sekarang sudah kering. Gua Sunyaragi merupakan salah satu bagian dari keraton Pakungwati sekarang bernama keraton Kasepuhan.
Secara garis besar Tamansari Gua Sunyaragi ini dibagi menjadi dua bagian yaitu pesanggrahan dan bangunan gua. Bagian pesanggrahan dilengkapi dengan serambi, ruang tidur, kamar mandi, kamar rias, ruang ibadah dan dikelilingi oleh taman lengkap dengan kolam. Bangunan gua-gua berbentuk gunung-gunungan, dilengkapi terowongan penghubung bawah tanah dan saluran air.

Lokasi: Jl. Brigjen Dharsono Cirebon
Koordinat :-
Telepon: -
Email: -
Fasilitas: -
Jam Buka: 08.00 wib
Jam Tutup: 16.00 wib
Tiket: Rp. 10.000

Taman Sari Gua Sunyaragi (Google Maps)

Share:
Lokasi: Cirebon, Cirebon City, West Java, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar